Evaluasi ZI Menuju WBBM Tahun 2022, Dinarpus dan DPMPTSP Wakili Kota Pekalongan

Kamis, 22 September 2022, bertempat di ruang rapat Jetayu, Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, telah diselenggarakan acara evaluasi virtual Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) oleh TPN (Tim Penilai Nasional) KemenPAN RB. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Evaluasi virtual ini dihadiri langsung oleh para pimpinan Pemerintah Kota Pekalongan, yakni Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, para Staf Ahli Wali Kota Pekalongan, para Asisten Sekda Kota Pekalongan, Inspektur Daerah Kota Pekalongan, Kepala DPMPTSP Kota Pekalongan, Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, dan Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Pekalongan.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) terpilih mewakili Kota Pekalongan dalam evaluasi virtual ZI Menuju WBBM pada tahun 2022 ini. Evaluasi virtual dimulai dengan pemaparan oleh Bapak Muhammad Sahlan, S.H.,MM. selaku Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Bapak Beno Heritriono, S.H.,M.Si. selaku Kepala DPMPTSP Kota Pekalongan.

Evaluasi ZI Menuju WBBM ini merupakan gambaran pembangunan Dinarpus dan DPMPTSP Kota Pekalongan pada 6 (enam) area perubahan berikut.
1. Area Manajemen Perubahan, di antaranya yakni peran agen perubahan dan role model;
2. Area Tata Laksana yang dilihat dari penerapan SOP, peta proses bisnis, dan SPBE;
3. Area Penataan Manajemen SDM yang dilihat dari tersusunnya perencanaan pegawai dan pengembangan pegawai;
4. Area Penguatan Akuntabilitas yang dilihat pada keterlibatan pimpinan dalam penyusunan dokumen perencanaan;
5. Area Pengawasan yang dilihat dari pengendalian gratifikasi dan penerapan SPIP; serta
6. Area Peningkatan Pelayanan Publik, yaitu menciptakan dan mengembangkan inovasi untuk mempercepat pelayanan pada masyarakat.

Dari 6 (enam) area perubahan tersebut, selama 2 (dua) tahun dari perolehan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), kedua perangkat daerah telah berupaya meningkatkan pembangunan Zona Integritas agar layak memperoleh predikat WBBM. Dinarpus dan DPMPTSP Kota Pekalongan menciptakan dan melaksanakan inovasi-inovasi pelayanan publik agar senantiasa dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Bukan hanya untuk kepentingan evaluasi oleh KemenPAN RB, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Pekalongan akan pelayanan publik yang baik.

Penulis: Tim Kinerja dan Reformasi Birokrasi (KRB)
Editor: Tim Website Bagian Organisasi

Suasana Evaluasi Virtual ZI Menuju WBBM Tahun 2022

Suasana Evaluasi Virtual ZI Menuju WBBM Tahun 2022