Lakukan Pembinaan Penataan Perangkat Daerah, Pemerintah Kota Pekalongan Nilai Kematangan Organisasi Perangkat Daerah

Pembinaan penataan perangkat daerah provinsi dan kabupaten/kota dilakukan paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun anggaran, sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 99 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengendalian Penataan Perangkat Daerah. Pembinaan salah satunya dilaksanakan dengan penilaian mandiri terhadap tata laksana (proses bisnis), budaya organisasi, dan inovasi dengan tingkat kematangan suatu organisasi yang meliputi 11 variabel berikut:
a. perencanaan;
b. monitoring dan pengendalian;
c. penjaminan mutu layanan;
d. standar operasional prosedur;
e. pendidikan dan pelatihan;
f. analisis kebijakan dan pemecahan masalah;
g. manajemen sumber daya yang terukur;
h. manajemen resiko;
i. pengukuran kinerja;
j. pengembangan inovasi layanan; dan
k. budaya organisasi.

Pada tahun 2022 lalu Pemerintah Kota Pekalongan mendapatkan nilai 40,067 dengan kategori tingkat kematangan tinggi. Terdapat beberapa rekomendasi dari tim verifikator provinsi yang perlu ditindaklanjuti oleh masing-masing perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan pada penilaian tahun ini.

Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini Pemerintah Kota Pekalongan melalui Bagian Organisasi Setda membentuk Tim Penilaian Kematangan Organisasi Perangkat Daerah (KOD) tingkat kota yang beranggotakan perwakilan dari Bagian Organisasi, Bappeda, BPKAD, BKPSDM, dan Inspektorat Daerah Kota Pekalongan. Tim KOD tingkat kota telah melaksanakan pembedahan instrumen penilaian dan menyepakati data dukung yang dibutuhkan pada masing-masing variabel. Selanjutnya tim dibagi dalam 4 (empat) grup kecil untuk mendampingi beberapa perangkat daerah dalam proses penilaian mandiri KOD.

Pada tanggal 5-11 September 2023 dilaksanakan desk untuk menggali kesiapan perangkat daerah dalam memenuhi data dukung dari setiap variabel yang dinilai. Selanjutnya pada tanggal 12-18 September 2023 Tim KOD tingkat kota melaksanakan monitoring ke perangkat daerah guna memverifikasi data dukung yang telah disiapkan. Hingga kini proses verifikasi masih terus berlanjut mengingat masih terdapat data dukung tambahan yang disampaikan oleh perangkat daerah atas rekomendasi penilaian awal dari Tim KOD tingkat kota. Semoga hasil penilaian KOD Pemerintah Kota Pekalongan Tahun 2023 ini menunjukkan perbaikan dari tahun sebelumnya.

Penulis: Nur Laili Fitriani Zaen, S.E.
Editor: Tim Media Bagian Organisasi

Foto:

Lokasi: DPMPTSP


Lokasi: Dinperpa


Lokasi: Dishub


Lokasi: BPBD


Lokasi: Setda Kegiatan Desk Kematangan Organisasi Perangkat Daerah

Sumber: Organisasi, Setda